Tutup
Kronika

Sedekah Bibit Ikan dari Pengantin di Kulon Progo

55
×

Sedekah Bibit Ikan dari Pengantin di Kulon Progo

Sebarkan artikel ini
TEBAR BENIH IKAN: Pasangan calon penganti menebar benih ikan di Waduk Sermo, 9 September 2021. (humas pemkab kulon progo)

KULON PROGO – Sembilan pasangan calon pengantin di Kabupaten Kulon Progo menebar benih ikan di Waduk Sermo, Kokap. Dilaksanakan 9 September 2021.

Program ini merupakan inovasi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dan kantor Kementrian Agama Kulon Progo.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Program diberi label Jaga Komitmen Warga Kulon Progo untuk Kelestarian Alam Lingkungan Ikan Kulon Progo dengan Sedekah Ikan Pasangan Pengantin (Jogo Kaliku Sipatin).

Dihadiri Bupati Kulon Progo Drs H Sutedjo, Kepala DKP Ir Sudarna MMA, dan Kepala Kemenag Kulon Progo HM Wahib Jamil MPd.

“Program ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga kelestarian lingkungan,” kata Kepala DKP Kulon Progo, Ir Sudarna MMA seperti dilansir kulonprogokab.go.id.

Tebar benih ini bersifat sedekah. Tidak ada patokan kuota minimal. Disesuaikan  kemampuan masing-masing calon pengantin.

BACA JUGA: Aset Tanah dan Gedung Diproses, Pegawai Ditinggalkan

DKP hanya memberi batasan tentang jenis ikan yang boleh dilepas di waduk. Program ini akan dilaksanakan di seluruh perairan di wilayah Kulon Progo.

Kepala Kemenag Kulon Progo HM Wahib Jamil MPd mengatakan program tebar benih ikan merupakan wujud implementasi beragama dalam menjaga kelestarian alam.

Bupati Kulon Progo Drs H Sutedjo memberi apresiasi dan dukungan terhadap program Jogo Kaliku Sipatin.

Program tersebut menjadi semangat bagi semua pihak untuk melestarikan ksumber daya hayati perairan di wilayah Kulon Progo.

“Sekaligus sebagai bagian perwujudan spiritual melalui sedekah bibit ikan,” kata Bupati. (aza/asa)