Tutup
Bisnis

Fokus Kelola ZIS, YAKKIN Bantu Masyarakat Penghasilan Rendah

160
×

Fokus Kelola ZIS, YAKKIN Bantu Masyarakat Penghasilan Rendah

Sebarkan artikel ini
SINERGIS: Menyalurkan zakat infaq dan sodaqoh bagi mustahik di lingkungan komunitas Kasuwari dan penduduk setempat. (istimewa)

PEKALONGAN, ZonaJogja.Com – Yayasan Kemandirian Perkooperasian Indonesia (YAKKIN) bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Al-Ihsan Jawa Tengah mendirikan Mitra Pengelola Zakat (MPZ) YAKKIN.

Surat Perjanjian Kerjasama ditandatangani Direktur Eksekutif LAZ Al-Ihsan Jawa Tengah, Ariyanto SE, dan Ketua Yayasan YAKKIN, Tri Agus Setiawan Mkom.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Penandatanganan dilangsungkan di Kantor Laziz Al-Ihsan Pekalongan, Jawa Tengah, 23 Januari 2023. Lembaga ini mengelola dana zakat, infaq dan sedekah.

Yayasan YAKKIN juga telah menjalin kerjasama  dengan Koperasi Syariah LKMS Kasuwari. Koperasi ini berdiri 16 Agustus 2020.

BACA JUGA: Bagi yang Penasaran, Ini Lirik Jadikan Aku Ratu, Hits Single Terbaru Astrid

Nasabah lebih dari 700 orang. Terdiri nasabah penyimpan maupun pengguna dana.

Namun,  LKMS Kasuwari selama ini belum pernah mendapatkan akses  menyalurkan dana sosial untuk pemberdayaan anggota dan nasabah.

“Ada tiga tujuan yang akan diwujudkan MPZ YAKKIN,” kata Tri Agus Setiawan dalam keterangan pers yang disampaikan kepada ZonaJogja.Com, hari ini (25/1/2023).

Pertama, pengumpul zakat, infaq dan sodaqoh bagi anggota, pendiri, pengurus, dan pengelola Kasuwari, termasuk masyarakat sekitar kantor Yayasan YAKKIN dan LKMS Kasuwari.

Kedua, penyalur zakat infaq dan sodaqoh bagi mustahik di lingkungan komunitas Kasuwari dan penduduk setempat.

Ketiga, menggerakkan ekonomi dan masyarakat penghasilan rendah melalui keuangan mikro syariah.

BACA JUGA: Astrid Rilis Hits Single Jadikan Aku Ratu, Tayang Perdana 27 Januari 2023

Sekadar diketahui, YAKKIN didampingi Indonesia Microfinance Expert Association (IMFEA) mendirikan Koperasi Jasa LKM Syariah Kasuwari di Kelurahan Pringrejo, Kota Pekalongan tahun 2020.

Setelah dua tahun, kini YAKKIN bersama LAZIS JATENG menggerakkan dana zakat, infaq dan sodaqoh.

Ketua Dewan Pembina YAKKIN, Dr  H Ahmad Subagyo mengatakan YAKKIN ingin menumbuhkan dan memberdayakan lingkungan melalui optimalisasi sektor keuangan berbasis syariah. (*)