SLEMAN – Mahasiswa UGM menciptakan game interaktif. Diberi nama Nura Smart Card: Kartu Putar Pintar Jelajah Nusantara.
Permainan interaktif ini diciptakan Tim Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Bidang Kewirausahaan.
Tim beranggotakan Roihatul Jannah dari Sekolah Vokasi (SV), Vira Mahdiya Zahra dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Muhammad Haris Yulianto dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), dan Haris Nur Rahmawati dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB).
“Ide pembuatan kartu putar pintar karena tergerusnya minat literasi generasi muda mengenai kebudayaan,” kata anggota tim, Muhammad Haris Yulianto seperti dilansir ugm.ac.id (9/8/2021).
BACA JUGA: Pemkot Yogyakarta Anggaran Permakanan bagi Warga Isoman Sebesar Rp 3 Miliar
Kartu “Nura Smart Card” berbentuk seperti spin game. Siapa saja yang memainkan akan menemui berbagai informasi tentang budaya di Indonesia.
Informasi otomatis muncul setelah kartu berhenti berputar. Lalu, tanda panah menunjuk provinsi di Indonesia.
Game ini menyuguhkan informasi dan pengetahuan kebudayaan di 34 provinsi di Indonesia.
Mulai rumah adat, tarian tradisional, pakaian adat, dan senjata tradisonal.
Kartu didesain bewarna. Kedua permukaan terdapat informasi seputar budaya di 34 provinsi.
BACA JUGA: Kasus Positif di DIY Turun, Persentase Kesembuhan Bertambah
Kartu putar “Nura Smart Card” dilengkapi dua barcode. Pertama adalah barcode yang mengarahkan pemain mengakses e-book berisi kumpulan informasi kebudayaan di Indonesia.
Barcode kedua mengarahkan pemain mengakses kuis interaktif dan game lain ketika discan menggunakan smartpone.
Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM, Aprilia Firmonasari mengatakan “Nura Smart Card” bisa menjadi media belajar dan bermain bagi anak-anak.
“Menurut saya, kartu putar pintar sangat istimewa,” ujarnya. (aza/asa)