oleh

Hari Ini Soft Launching Kereta Api Bandara, Beroperasi 26 Perjalanan Setiap Hari

KULON PROGO – Soft launching kereta api  Yogyakarta International Airport (YIA) dilaksanakan sore tadi (27/8/2021).

Peresmian dilakukan di Stasiun Keberangkatan Kereta Bandara YIA, Lantai 3 Yogyakarta International Airport, Kulon Progo.

Acara ini dihadiri Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarvest) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,  Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan Gubernur Sultan HB X.

Waktu yang dibutuhkan dari stasiun Tugu hingga bandara sekitar 40 menit. Luhut mengatakan, kereta api bandara termasuk proyek strategis nasional.

Dilaksanakan sejak tahun 2015 dengan anggaran Rp 1,1 triliun.

“Yogyakarta adalah kota pelajar dan tujuan destinasi wisata. Sehingga kereta ini disiapkan untuk meningkatkan tujuan wisata ke daerah ini,” ujar Luhut.

BACA JUGA: Pelaku UMKM di Gunung Polo Dikursus Gunakan Sosmed untuk Bisnis

Luhut meminta pengoperasian kereta api tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Seluruh operator harus menjaga keselamatan penumpang. Luhut mengajak Sultan bersama menjaga pelayanan yang bagus kepada masyarakat maupun turis.

Sultan berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan YIA.

“Angan-angan kita dengan International Airport ini bisa melaksanakan sebagai kota budaya dan pariwisata,” kata Sultan.

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwi Panti Indrayanti mengatakan kereta bandara akan beroperasi sebanyak 26 perjalanan setiap hari, dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Stasiun YIA atau sebaliknya.

Interval waktu keberangkatan kereta sekitar 30 menit. Ada 3 stasiun pemberhentian. Yakni, Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Wates, dan Stasiun Bandara.

Ni Made mengusulkan stasiun pemberhentian ditambah di Stasiun Maguwo. Alasannya, Maguwo memiliki market  penumpang dari timur. Mereka tidak harus ke Stasiun Tugu. (aza/asa)