Tutup
Bisnis

Kolaborasi AI dengan Microsoft, Telkomsel Tingkatkan Pengalaman Gaya Hidup Digital Pelanggan

135
×

Kolaborasi AI dengan Microsoft, Telkomsel Tingkatkan Pengalaman Gaya Hidup Digital Pelanggan

Sebarkan artikel ini
KOLABORASI: Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir; Vice President Telco and Media Microsoft, Sivia Candiani; Regional Busniness Lead Media and Communications Microsoft Asia, Derrick Buckley; Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng; dan Komisaris Telkomsel, Yose Rizal dalam prosesi penandatanganan kesepakatan perluasan kolaborasi antara Telkomsel dan Microsoft yang bertepatan dengan berlangsungnya perhelatan Mobile World Congress 2024 di Barcelona, Spanyol. (Humas Telkomsel)

ZonaJogja.Com – Telkomsel berkolaborasi dengan Microsoft untuk meningkatkan pengalaman gaya hidup digital para pelanggan.

Telkomsel memperkuat integrasi Azure AI dalam platform pelanggan. Kolaborasi strategis diresmikan melalui penandatanganan kesepakatan di Fira Gran Via, 27 Februari 2024.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Penandatanganan ini bersamaan berlangsungnya perhelatan Mobile World Congress 2024 di Barcelona, Spanyol.

“Melalui perluasan kolaborasi dengan Microsoft, memungkinkan kami untuk memperkuat kapabilitas AI di berbagai layanan yang kami tawarkan, sehingga dapat memberikan layanan yang lebih cerdas, efisien, dan inovatif bagi seluruh pelanggan,” kata Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng di Jakarta.

BERITA LAIN: LPS Gelar Marathon Internasional, Dilaksanakan 30 Juni 2024, Total Hadiah Rp 1 Miliar

Sementara Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam mengatakan, kolaborasi mencerminkan komitmen Telkomsel selalu terdepan berinovasi.

Direktur IT Telkomsel, Bharat Alva menambahkan, Telkomsel terus berkomitmen menghadirkan pengalaman digital terdepan bagi  masyarakat Indonesia.

Telkomsel mendorong kemajuan teknologi dengan pemanfaatan kapabilitas AI.

Memanfaatkan Microsoft Azure AI ini akan membuka ruang kolaborasi yang jauh lebih berdampak terhadap kapabilitas perusahaan dalam menjawab tantangan dan kebutuhan bisnis di masa depan.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir mengatakan, era baru AI memungkinkan setiap individu dan setiap organisasi menciptakan dampak sosial dan memaksimalkan pertumbuhan ekonomi secara lebih inklusif.

BERITA LAIN: Makin Banyak Perempuan Berprestasi, Tapi Masih Hadapi Kesenjangan Akses

Misalnya mempercepat waktu untuk berinovasi, mengembangkan pengalaman pelanggan, dan meningkatkan produktivitas.

“Kami senang dapat memperluas kolaborasi kami dengan Telkomsel untuk membuka serta merealisasikan lebih banyak peluang AI bagi Indonesia,” ujarnya.

Telkomsel dan Microsoft akan menghadirkan program pelatihan kecerdasan buatan (AI) untuk karyawan Telkomsel.

Antara lain mencakup pelatihan dalam penerapan AI for Sustainability dan AI for Startup.

BERITA LAIN: Suami Isteri Kompak jadi Profesor di UGM, Dikukuhkan Tanggal yang Sama

Program pelatihan pemanfaatan AI bertujuan memberi landasan  kokoh bagi karyawan Telkomsel untuk memahami dan mengimplementasikan teknologi AI secara efektif.

Kolaborasi ini menjadikan Telkomsel  mencatatkan lonjakan dalam interaksi layanan mandiri pelanggan dari 19 menjadi 45 persen.

Juga peningkatan 140 persen dalam rata-rata pesan per pengguna, terutama untuk produk gaya hidup digital.

Peningkatan tersebut memungkinkan agen customer care menghabiskan lebih banyak waktu dengan pelanggan secara maksimal.  (*)