Tutup
Kampus

Pertama di UPN “Veteran” Yogyakarta, Visitasi Akreditasi Internasional di Fisipol

170
×

Pertama di UPN “Veteran” Yogyakarta, Visitasi Akreditasi Internasional di Fisipol

Sebarkan artikel ini
AKREDITASI: Melibatka lembaga akreditasi internasional, Foundation for International Business Administration Accreditation. (Humas UPNYK)

ZonaJogja.Com – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (FISIP UPNYK) melaksanakan visitasi akreditasi berstandar internasional.

Akreditasi dikawal lembaga akreditasi internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA).

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Akreditasi diselenggarakan 27-29 Februari 2024. Kegiatan ini sekaligus menjadi momen kali pertama dilakukan visitasi akreditasi berstandar internasional  di UPNYK.

BERITA LAIN: Beredar 2 Versi Survei Pilkada Kota Yogyakarta, Suara Terbanyak Berbeda

Akreditasi diikuti lima program studi. Yakni,  Hubungan Internasional,  Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Hubungan Masyarakat, dan Magister Ilmu Komunikasi.

Dekan Fakultas Isipol UPNYK, Dr Machya Astuti Dewi MSi berharap  akreditasi  menjadi pemicu semua program studi di UPNYK bisa menambah aktivitas internasional.

“Mahasiswa dan dosen harus memperbanyak kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang diaplikasikan secara internasional. Ini penting,” kata Machya.

Koordinator kegiatan, Hestutomo Restu Kuncoro SIP MA lantas mengungkapkan alasan FISIP UPNYK mengajukan akreditasi lewat lembaga FIBAA.

BERITA LAIN: MilkLife Soccer Challenge 2024 Sukses Digelar di Kudus, Berikut Juaranya

“Lembaga FIBAA sudah diakui secara global,” kata Hestutomo.

FIBAA telah melakukan akreditasi di berbagai negara.

FIBAA juga memiliki perspektif  program studi harus membekali mahasiswa dengan kemampuan yang dibutuhkan di dunia prakatisi.

Hestutomo menegaskan, tolok ukur utama yang dikehendaki FIBAA adalah keseimbangan antara kompetensi keilmuan dan juga bekal untuk praktik di dunia kerja.

“Ini sesuai visi UPNYK yang tidak hanya mengajarkan tentang keilmuan. Tetapi bagaimana mahasiswa berkontribusi terhadap masyarakat,” terangnya.

Asesor FIBAA, Prof Sabine mengatakan sengaja datang ke kampus Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (FISIP UPNYK).

BERITA LAIN: 41 Anak Ikuti Ujian Hafalan 1 Juz Alquran, Baznas Kota Yogyakarta Siapkan Beasiswa

Kedatangan tim untuk mengkonfirmasi laporan yang sebelumnya telah disampaikan ke FIBAA beberapa waktu lalu.

“Kami melihat apa yang telah ditulis pada laporan sebelumnya. Karena ada beberapa hal yang tidak bisa dilihat,” ujar Profesor Sabine memberi alasan.

Selama berada di kampus UPNYK di Condongcatur, Sleman, Tim Foundation for International Business Administration Accreditation  melakukan pengecekan.

Antara lain mengenai program-program di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, kurikulum, dosen dan mahasiswa. Termasuk tentang  strategi internasional.

Setelah melakukan pengecekan, tim visitasi FIBAA  mengapresiasi seluruh mahasiswa dan dosen yang terlibat dalam kegiatan akreditasi. (*)