oleh

Indahnya Tolong Menolong, Tim MCCC Kauman Kubur Jenazah Beragama Katolik

YOGYAKARTA – Hari Raya Idul Adha tanggal 20 Juli lalu, membuka sejarah baru bagi Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kauman.

Betapa tidak. Saat umat Islam merayakan Idul Adha, anggota MCCC Kauman kembali harus turun lapangan.

Kali ini bukan untuk menyembelih hewan kurban, atau membagikan daging kurban kepada masyarakat. Namun, personil MCCC harus menjalankan peran kemanusiaan.

MCCC Kauman yang baru seumur jagung harus melakukan evakuasi jenazah. Jenazah adalah wanita yang meninggal dunia setelah terinfeksi COVID-19.

Jenazah yang beribadah ke gereja ini menghembuskan nafas terakhir saat melakukan isolasi mandiri di rumah. Meninggal tanggal 20 Juli sekitar pukul 06.00.

BACA JUGA: Kasus Positif di DIY Turun Lagi, Meninggal Dunia 87 Orang

Ia tinggal di wilayah Kecamatan Mantrijeron. Lalu, pihak keluarga menghubungi Budi Setiawan sekitar pukul 11.00. Budi  adalah pegiat kemanusiaan yang tinggal di Kauman.

Keluarga jenazah meminta Budi  membantu pemulasaran jenazah. Permintaan tersebut langsung disanggupi.

Budi yang juga ketua MDMC Pusat ini lantas meminta anggota MCCC Kauman segera melakukan eksekusi.

Tapi, karena anggota MCCC sedang melakukan kegiatan Idul Adha, evakuasi jenazah baru bisa dilakukan setelah shalat ashar.

Tiga personil MCCC Kauman langsung bergerak mengevakuasi jenazah non muslim.  Ketiga personil antara lain Irfiandy Aziz dan M Pramudya Hutama

Satu jam kemudian, jenazah tiba di ruang pemulasaran. Tugas ini diserahkan kepada anggota pemulasaran yang semuanya wanita.

BACA JUGA: Mahasiswi Ini Bikin Deg-Degan Siapa Saja yang Diswab

KEMANUSIAAN: Tim MCCC Kauman sedang memakamkan jenazah COVID-19. (dok. mccc kauman)

Pemulasaran jenazah mengikuti keinginan pihak keluarga. Mulai memandikan, mengenakan pakaian kepada jenazah, hingga dimasukkan dalam peti.

Setelah siap, tugas berikutnya diserahkan kepada tim pemakaman. Tim membawa jenazah ke Makam Kuncen Baru.

Tim membawa dua kendaraan. Satu kendaraan mengangkut jenazah. Kendaraan lain untuk membawa personil, termasuk peralatan yang dibutuhkan untuk pemakaman.

Jarak dari Kauman ke Makam Kuncen  sekitar 2 kilometer. Ditempuh hanya sekitar 10 menit.

Di pemakaman ini sudah hadir keluarga jenazah. Tak ingin membuang waktu, Tim MCCC Kauman yang berseragam warna hijau langsung melakukan prosesi pemakaman jenazah.

Pemakaman dipimpin langsung sesepuh kampung yang juga inisiator MCCC Kauman, Budi Setiawan.

Pemakaman selesai sekitar pukul 19.30. Tim pemakaman langsung pamit. Pihak keluarga menyampaikan terimakasih terhadap atensi MCCC Kauman. (aza/asa)