oleh

Berharap IDC AMSI Dongkrak Kedatangan Wisatawan di Sumsel

PALEMBANG, ZonaJogja.Com –  Road to Indonesia Digital Conference (IDC) Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) 2021 sesi pertama  digelar di Provinsi Sumsel, hari ini (15/11/2021).

Konferensi mengusung tema “Akselerasi Digital Pariwisata Sumatera Selatan”. Sementara  narasumber yang dihadirkan Gubernur Sumsel, H Herman Deru, Kepala Dinas Pariwisata Palembang H Sulaiman Amin, Bupati OKU Selatan Popo Ali Murtopo BComm, dan  pengusaha kuliner sukses di Palembang, Hj Lucianty Pahri.

H Herman Deru mengatakan Sumsel mengandalkan aplikasi Giwang untuk mempromosikan 17 destinasi wisata.

Popo Ali Murtopo B.Comm, mengaku diuntungkan berada di ujung Sumsel di perbatasan Provinsi Lampung dan Bengkulu.

‘’Melalui Road to IDC AMSI ini, kami berharap pasar promosi wisata lebih luas. Sehingga Pemkab maupun masyarakat OKU Selatan bisa meraih keuntungan lebih maksimal,” katanya.

Kata Popo, wisatawan yang ingin berkunjung ke OKU Selatan, khususnya wisata Danau Ranau, bisa melalui Bandara di Sumsel, Lampung dan Bengkulu.

BACA JUGA: Hasil Mutasi Virus Tak Selalu Lebih Bahaya

Juga bisa lewat tol Palembang-Lampung selama kurang  lebih lima jam.

Kadis Pariwisata Palembang H Sulaiman Amin mengatakan, pariwisata tidak akan booming tanpa promosi dan publikasi.

“Kami sudah manfaatkan era digitalisasi dalam mempromosikan destinasi wisata,” kata Sulaiman.

Kota Palembang memiliki 76 destinasi wisata. Namun saat ini baru fokus mengelola 15 destinasi wisata. Antara lain Benteng Kuto Besak, Alquran Al Akbar, JSC, dan Kampung Kapitan.

Pengusaha kuliner Palembang, Hj Lucianty mengakui terdampak  pandemi COVID-19.

Namun, juga diuntungkan dengan pandemi. Karena bisa memanfaatkan aplikasi untuk menghadapi tantangan bisnis di dunia digital.

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan,  AMSI ingin membangun kolaborasi antara seluruh industri di dunia digital.

Seluruh stakeholder bisa memahami yang terjadi pada industri lain di era digital. Ikut merekam dan mendengarkan apa yang terjadi antara lain dengan dunia media dan dunia swasta.

‘’Kami ingin merekam inovasi yang dilakukan media, swasta, dan pemerintah seperti apa. Kalau sudah paham semuanya, tentu tidak sulit bagi kita untuk kolaborasi,” ungkapnya.

BACA JUGA: Gara-Gara Listrik Mati, Mobil Nangkring di Hidrolik Selama 5 Jam Lebih

Ketua AMSI Sumsel, Sidratul Muntaha mengungkapkan Road to IDC AMSI 2021 merupakan penyelenggaraan tahun kedua.

Ia berterimakasih kepada Rektorat Unsri, Rektorat UIN, Dekanat FISIP UIN Raden Fatah, Rektorat Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP).

Juga kepada Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang, Pemkab OKU Selatan, dan Kedai Tiga Nyonya.

IDC AMSI 2021 disponsori Google, BNI, Astra, Bank Raya, PT PLN Persero, bank bjb, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Pembangunan Daerah Bali, Bank Jatim, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Bali Mall, dan Kedai Tiga Nyonya.

(aza/asa)