Tutup
Bisnis

Kolaborasi Antar Operator, Telkomsel Raih 3 Penghargaan Internasional TM Forum’s Innovation Awards 2024

111
×

Kolaborasi Antar Operator, Telkomsel Raih 3 Penghargaan Internasional TM Forum’s Innovation Awards 2024

Sebarkan artikel ini
PRESTASI INTERNASIONAL: Telkomsel meraih tiga penghargaan Best Moonshot Catalyst - Attendee's Choice Award, Outstanding Catalyst - Rising Star, dan Outstanding Catalyst - Attendee's Choice Award pada perhelatan Digital Transformation World (DTW) 2024 yang diselenggarakan oleh TM Forum di Copenhagen, Denmark, 20 Juni 2024. (telkomsel)

ZonaJogja.Com – Telkomsel kembali menorehkan prestasi bergengsi di tingkat internasional.

Pada inovasi bidang industri telekomunikasi dan teknologi, Telkomsel meraih tiga penghargaan dari TM Forum’s Innovation Awards pada perhelatan Digital Transformation World (DTW) 2024 di Copenhagen, Denmark, 20 Juni lalu.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Tiga penghargaan itu meliputi Best Moonshot Catalyst – Attendee’s Choice Award, Outstanding Catalyst – Rising Star, dan Outstanding Catalyst – Attendee’s Choice Award.

“Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia,” kata Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna di Jakarta, hari ini (27/6/2024).

BERITA LAIN: Aryo Winoto Dukung Joko Purnomo jadi Bupati Bantul

PRESTISIUS: Pada tiga penghargaan ini, Telkomsel berkolaborasi bersama sejumlah perusahaan telekomunikasi digital dan technology partner menciptakan tiga proyek inovasi, seperti Data to NPS: Boosting NPS, AI for customer perception network optimization, dan GenAI untuk Autonomous Network. (telkomsel)

Pada kategori Best Moonshot Catalyst – Attendee’s Choice Award, Telkomsel bersama China Mobile, MTN South Africa, Huawei, ZTE, Sand Technologies, Asia Info Technologies China, dan Whale Cloud Technology berhasil memanfaatan kecerdasan buatan generatif untuk otomatisasi dan optimalisasi jaringan telekomunikasi.

Seperti perencanaan dan pemeliharaan jaringan yang lebih efisien, mulai dari analisis data sampai dengan pengambilan keputusan otomatis.

Kategori Outstanding Catalyst – Rising Star, penghargaan untuk inovasi AI for Customer Perception Network Optimization yang dikembangkan  Telkomsel bersama dengan AIS, China Mobile, China Unicom, Saudi Telecom Company (STC), Huawei, ZTE  dan Inspur Communication Information Systems.

Inovasi dinilai telah menunjukkan solusi yang paling menarik. Yakni, mengembangkan teknologi yang mampu meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

BERITA LAIN: Heroe Poerwadi Berpeluang Dapat “Tiket” dari PKB Kota Yogyakarta

Proyek ini juga memanfaatkan big data dan teknologi digital twin untuk mengidentifikasi dan menangani masalah sebelum pelanggan mengeluh, serta meningkatkan penanganan keluhan menggunakan pengenalan suara dan sinyal.

Sedangkan kategori Outstanding Catalyst – Attendee’s Choice Award, Telkomsel dan perusahaan telekomunikasi digital dan teknologi yakni AIS, China Mobile, Globe, Saudi Telecom Company (STC), Huawei, Hangzhou Eastcom Software Technology dan Sudo Technology sukses berinovasi memanfaatkan kemampuan pengambilan keputusan  berbasis data untuk meningkatkan Net Promoter Score (NPS) dengan nama proyek ‘Data to NPS: Boosting NPS’.

“Penghargaan khusus ini dimenangkan Telkomsel bersama mitra berdasarkan pemungutan suara terbanyak dari komunitas TM Forum, peserta acara, dan para juri,” kata Indra.

BERITA LAIN: Ifan Ho Telah Tiada, Kemana Arah Visi Joxzin Lawas ke Depan?

Sekadar diketahui, TM Forum’s Innovation Awards 2024 merupakan penghargaan yang diberikan TM Forum sebagai asosiasi global dengan  850 anggota.

Penghargaan kali ini dirancang untuk merayakan solusi, proyek, dan kolaborasi yang mendorong transformasi digital dan memberi dampak positif yang signifikan bagi bisnis dan masyarakat. (*)