Tutup
Sport

8 Ribu Pelari Ikuti MJM 2024, Bank Mandiri Siapkan Hadiah Rp 1,52 Miliar

111
×

8 Ribu Pelari Ikuti MJM 2024, Bank Mandiri Siapkan Hadiah Rp 1,52 Miliar

Sebarkan artikel ini
JUMPA PERS: Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo; Corporate Secretary Bank Mandiri, Teuku Ali Usman ; dan Race Director iSport, Pandu Bagus Buntaran . (azam/zonajogja.com)

ZonaJogja.Com – Delapan ribu pelari nasional dan internasional bakal meramaikan acara bergengsi Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2024.

Event olahraga tahunan yang diselenggarakan Bank Mandiri ini digelar 30 Juni 2024. Start dan finish di kawasan Candi Prambanan.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Pada event tahun ini, Bank Mandiri menyiapkan total hadiah sebesar Rp 1,52 miliar.

Bank Mandiri bersama AXA Mandiri juga berkolaborasi menyediakan perlindungan asuransi kecelakaan senilai Rp 20 juta per peserta.

BERITA LAIN: Kolaborasi Antar Operator, Telkomsel Raih 3 Penghargaan Internasional TM Forum’s Innovation Awards 2024

“Tiket langsung habis limabelas menit setelah pendaftaran dibuka secara online,” kata Corporate Secretary Bank Mandiri, Teuku Ali Usman pada Jumpa Pers di Dil Rani Restaurant, Depok, Sleman, hari ini (27/6/2024).

Ali mengatakan, sejak kali pertama digelar tahun 2017, MJM telah menjadi platform untuk mempromosikan gaya hidup sehat sekaligus mengenalkan keindahan budaya Yogyakarta.

MJM kali ini  mempertandingkan empat kategori. Yakni, Marathon (42,195 kilometer), Half Marathon (21 kilometer), 10 kilometer, dan 5 kilometer (Fun Run).

Sebanyak 8 ribu pelari berasal dari Kenya, China, Jepang, Australia, Prancis, Amerika Serikat, dan Malaysia. Juga dari berbagai kota di Indonesia.

BERITA LAIN: Aryo Winoto Dukung Joko Purnomo jadi Bupati Bantul

Ali berharap, besarnya tingkat partisipasi  dapat meningkatkan pertumbuhan belanja masyarakat di Yogyakarta.

Mandiri Institute menyebutkan  pelaksanaan MJM dalam dua tahun terakhir memberi pengaruh signifikan terhadap belanja masyarakat pada akhir pekan.

Pada penyelanggaraan tahun 2022, pertumbuhan belanja meningkat, dari  17 persen menjadi 20 persen. Sedangkan pada MJM 2023 terjadi peningkatan daru 16,1 persen menjadi 28,5 persen.

Transaksi nasabah Bank Mandiri pada event MJM 2023 ikut meningkat. Hingga akhir Juni 2023, volume transaksi acquiring business (EDC, QRIS dan e-commerce) Bank Mandiri  Area Yogyakarta dan sekitarnya mencapai Rp 233 miliar atau tumbuh 14,3 persen dibandingkan akhir Mei 2023.

BERITA LAIN: Ifan Ho Telah Tiada, Kemana Arah Visi Joxzin Lawas ke Depan?

Bank Mandiri berharap MJM 2024 dapat kembali memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pada akhir Juni 2024.

Pada MJM 2024, diproyesikan  volume transaksi acquiring business tumbuh hingga 21 persen dibandingkan periode Mei 2024.

Peduli Lingkungan

Saat bersamaan, Bank Mandiri menggelar inisiatif “Aksi Bersih Mandiri”. Aksi berupa kegatan bersih-bersih 8 desa yang dilalui rute MJM 2024.

“MJM menerapkan konsep zero waste to landfill melalui kerjasama dengan rekosistem untuk mendaur ulang sampah,” terang Ali.

Juga disediakan Future Energy Box yang terdiri Refreshment Area, Green Energy Zone, dan Education Center.

BERITA LAIN: Kenangan Ke Kinahrejo Naik Bus Baker, Turun Wisata Kaliurang, Jalan Kaki Melewati Hutan Gelap

Di Race Village terdapat 4 unit solar charging station untuk smartphone guna mendukung pengurangan emisi karbon.

Tak jauh dari Candi Prambanan, Bank Mandiri  menyediakan Drop Box sepatu bekas layak pakai di lokasi Race Pack Collection, Hotel Ambarukmo pada 27 – 29 Juni 2024.

Sepatu-sepatu bekas akan disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo telah melibatkan pedagang UMKM lokal untuk meramaikan MJM 2024.

“Kami tidak hanya ingin melibatkan peserta. Tetapi juga ingin mengenalkan kearifan lokal dan budaya Yogyakarta kepada peserta,  wisatawan dan  penonton,” ujar Singgih.

BERITA LAINUngkap Fakta Sebenarnya, MAN 1 Yogyakarta Justru Ingin Segera Bertemu ORI DIY

Race Director iSport, Pandu Bagus Buntaran menyatakan komitmennya  mendukung ekowisata di Indonesia, khususnya Yogyakarta yang kini menjadi destinasi utama.

Kata Pandu, MJM dengan kategori Marathon, Half Marathon, dan 10K telah mendapatkan sertifikasi dari Association of International Marathons and Distance Races (AIMS).

“Ini sebagai bukti keseriusan Bank Mandiri mengembangkan olahraga atletik di Indonesia,” katanya. (*)