oleh

SMA Masa Depan, Sekolah yang Mencetak Pelajar Inspiratif

YOGYAKARTA –  SMA Masa Depan menggelar uji publik kurikulum. Pada uji publik yang dilaksanakan 29 Juni lalu secara daring, SMA Masa Depan menjelaskan sistem pembelajaran.

Uji publik mengadirkan Prof Dr Dadan Rosana MSi, Prof Dr Endang Semiarti MS MSc, dan Achmad Dahlan Lc MA.

SMA Masa Depan menerapkan tiga prinsip. Yakni, pembelajaran berbasis project, pemaknaan ilmu berbasis Al-Quran, dan  pemaknaan ilmu dengan konteks kehidupan nyata.

Bertujuan membangun semangat belajar siswa. Mendekatkan realita ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk menyelesaikan persoalan di masyarakat.

SMA Masa Depan juga memiliki kurikulum unggulan. Yakni  sesi psikologi dan leadership pada jam pelajaran, kurikulum agama, dan pembiasaan dalam asrama.

BACA JUGA: Hari Ini, 37 Pasien COVID-19 di DIY Meninggal Dunia

Pada sesi psikologi dan leadership, siswa dituntun  mengenal diri. Diajarkan mengelola diri dan emosi, merumuskan mimpi, dan membuat rencana detil mencapai mimpi.

Selanjutnya diberikan kesempatan dengan pemimpin-pemimpin muda inspiratif. Siswa juga dilatih memiliki kemampuan public speaking dan menulis yang baik.

“Pendampingan yang dilakukan secara kontinyu ini diharapkan bisa menjadi bekal siswa, sehingga tidak kehilangan arah  hidup,” kata Prof Endang Sumiarti, reviewer uji publik.

Kurikulum agama yang padat dan komprehensif disusun untuk membekali siswa agar dapat memaknai dan mentadabburi Al-Quran. Memahami sejarah Islam, dan merefleksikan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: MCCC Ingin PSBB Diterapkan Lagi

SMA Masa Depan berlokasi di Jalan Candi Sambisari, Kadirojo I, Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Sekolah ini merancang program pembiasaan di asrama yang terintegrasi dengan kegiatan sekolah.

Kemampuan bahasa Inggris dan Arab aktif akan diasah dalam kegiatan pembiasaan.  Termasuk diajarkan menjadi pengguna teknologi yang  dapat berkarya secara aktif.

Pada kegiatan uji publik kurikulum, sekolah  memaparkan visi misi, tujuan, dan profil lulusan yang ingin dicapai.

Wakasek Urusan Kurikulum, Rosyda Amalia menyampaikan langkah sekolah yang dirancang untuk proses pembelajaran tahun akademik 2021/2022.

Amalia juga memaparkan kurikulum SMA Masa Depan, termasuk kekhasan kurikulum SMA Masa Depan yang terintegrasi menginternalisasi nilai-nilai keagamaan dan pembangunan karakter. (nik/asa)