oleh

UGM Kembangkan Mobil Hemat Energi

SLEMAN – Dua mobil hemat energi yang dikembangkan Tim Semar UGM berlaga di kompetisi tingkat internasional, Shell Eco-Marathon 2021.

Kompetisi Shell Eco-Marathon Asia 2021 diselenggarakan Royal Dutch Shell. Pelaksanaan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Yakni kompetisi virtual berbentuk liga dengan total lima kompetisi daring sejak Oktober 2020  hingga Juli 2021.

Kompetisi pertama adalah Pitch The Future Competition. Diikuti 273 tim dari 56 negara. Tim Semar UGM menjadi salah satu tim terbaik (TOP 5) Regional Asia Pasifik dan Timur Tengah Net Carbon Neutral Vehicles mini-competition with Microsoft.

“Mengusung tema melacak dan mengurangi emisi CO2 dari kendaraan,” terang General Manager Semar UGM 2020/2021, M Rian Alif Madani seperti dilansir ugm.ac.id.

BACA JUGA: Rusunawa Gemawang jadi Shelter Pasien Gejala Ringan

Kompetisi kedua adalah Autonomous Programming Competition. Tim Semar UGM berhasil menyelesaikan seluruh tahapan. Hasilnya, menduduki posisi 6 terbaik untuk Tim Semar Proto, dan posisi 8 terbaik untuk Tim Semar Urban di Regional Asia Pasifik dan Timur Tengah.

Dari 200 tim yang mendaftar, Tim Semar UGM berhasil meraih peringkat 12 (Semar Proto UGM) dan peringkat 16 (Semar Urban UGM) pada persaingan global.

Kompetisi ketiga adalah First Bonus Challenge yang dilaksanakan Januari 2021. Meraih Juara 3 pada Regional Asia Pasifik dan Timur Tengah pada kompetisi Bonus Challenge. Mendapatkan tambahan 20 poin.

Tim Semar UGM juga mendukung kompetisi Virtual Off-Track Awards. Tim Semar UGM membuat karya ilmiah berupa 10 esai.

BACA JUGA: Jangan Khawatir, Ini Cara Mengolah Limbah Medis

Kompetisi terakhir adalah Virtual Technical Inspection. Tim Semar  meraih juara 2 pada Regional Asia Pasifik dan Timur Tengah dengan kategori Prototype kelas Battery-Electric. Memperoleh tambahan 946 poin.

Tim Semar Proto menduduki peringkat 24 dunia, dan peringkat 13 Asia Pasific and Middle East Regional.

Sedangkan Tim Semar Urban berada pada posisi 42 dunia, dan peringkat 21 Asia Pacific and Middle East Regional pada kompetisi Shell Eco-marathon Season 2021 Virtual Programme.

Kompetisi diikuti 235 tim dari berbagai negara. Terbagi menjadi Europe and Africa, Americas, dan Asia Pacific and Middle East. (aza/asa)