oleh

Pantai Alaska Diguncang Gempa Tektonik M7,8, Indonesia Aman dari Tsunami

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosfisika (BMKG) mengumumkan terjadi gempa tektonik di wilayah Pantai Alaska.

Gempa yang terjadi hari ini (29/7/2021) pukul 13:15:47  Waktu Indonesia Barat berkekuatan M7,8. Selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi  M8,1.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 55,77° LU dan 157,97° BB. Tepatnya di Alaska Peninsula, Amerika Utara pada kedalaman 10 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi  mengatakan kejadian gempa tektonik di Pantai Alasaka merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas pada lempeng Alaska.

BACA JUGA: Sudah Sembuh dari COVID-19 tapi Masih Demam, Ternyata Sakit Ini…

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik,” kata Bambang seperti dilansir bmkg.go.id.

Berdasarkan hasil pemodelan tsunami, gempa  tidak berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia. Sehingga BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami.

Hingga pukul 16:00 sore tadi terjadi 3 kali  gempabumi susulan. Masing-masing  dengan magnitudo M6,3, M5,8  dan M4,9.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang. Tidak terpengaruh  isu yang kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan. (*/asa)