Tutup
Headline

Mantan Anggota Dewan Berujar, Haruskah Gubernur Turun Tangan Atasi Persoalan Sampah?

79
×

Mantan Anggota Dewan Berujar, Haruskah Gubernur Turun Tangan Atasi Persoalan Sampah?

Sebarkan artikel ini
SUDRAJAT SELORUJITO

YOGYAKARTA, ZonaJogja.Com – Polemik keberadaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan  mengundang reaksi mantan anggota DPRD DIY.

Adalah Sudrajat Selorujito yang meminta pemerintah daerah agar mendorong peran Forum Kartamantul (Yogyakarta, Sleman dan Bantul).

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Sebaiknya forum tersebut dihidupkan kembali untuk mengatasi permasalahan sampah.

“Bila Forum Kartamantul tidak lagi  berfungsi haruskah bapak Gubernur turun tangan sendiri?” kata Sudrajat. Statemen tersebut disampaikan Sudrajat melalui grup facebook ZonaJogjaDotCom.

Kata Sudrajat, ditutupnya TPST Piyungan selama beberapa hari terakhir menimbulkan keluhan masyarakat. Termasuk warga Kota Yogyakarta.

Keluhan tersebut telah disampaikan kepada Wakil Walikota Heroe Poerwadi. Warga sambat karena tempat pembuang sampah (TPS)  di wilayah Kota Yogyakarta sudah dipenuhi sampah.

“Bila TPST Piyungan akan terus ditutup, tentu akan terjadi penumpukan sampah di tepi jalan dan rumah-rumah. Tak hanya wilayah  Kota Yogyakarta. Tapi juga di Sleman dan Bantul,” beber Sudrajat.

Sudrajat mendukung anggota Fraksi PKS DPRD DIY Amir Syarifuddin yang bersuara lantang membela penduduk yang tinggal di sekitar TPST Piyungan.

“Sekarang ini ada anggota dewan membela warga di daerah pemilihan. Bagaimana nanti kalau Kota Yogyakarta misalnya jadi lautan sampah? Saya berharap anggota DPRD Kota Yogyakarta juga bisa bersikap,” ujarnya.

Mantan anggota Fraksi PAN ini menyatakan sampah adalah persoalan klasik yang sering terjadi. Sebaiknya segera ditangani  pihak-pihak  berwenang.

(aza/asa)