Tutup
Nasional

Ratusan Periset Ikuti Sayembara LPS CFR 2023, Berikut Nama-Nama Pemenang

324
×

Ratusan Periset Ikuti Sayembara LPS CFR 2023, Berikut Nama-Nama Pemenang

Sebarkan artikel ini
SANG JUARA: Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa (kanan) bersama para peme nang subtema khusus. (humas lps)

ZonaJogja.Com – Sayembara Riset LPS Call for Research 2023 (LPS CFR 2023) terdapat 220 paper.

Jumlah tersebut naik 57 persen dibandingkan tahun 2022 yang hanya masuk 140 paper.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Tema yang diangkat tahun ini adalah “Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan dalam Menghadapi Ketidakpastian Global dan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi”.

Tema ini sejalan dengan mandat baru LPS berdasarkan Undang-Undang  4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan.

“Antusiasme masyarakat  berkontribusi dalam kebijakan LPS melalui riset sangat tinggi,” kata Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa (11/10/2023).

BERITA LAIN: Kirim Paket Lewat JNE Hanya Rp 10 Ribu, Ini Informasi Lengkapnya

LPS CFR  merupakan agenda tahunan.  Sayembara ini menjadi wadah bagi para peneliti, akademisi, dan masyarakat  yang memiliki minat tinggi terhadap penulisan karya tulis ilmiah, khususnya  terkait peran dan fungsi LPS.

LPS Research Fair 2023 dilakukan secara hybrid dengan peserta yang hadir secara luring dan daring.

Setelah dinilai, tim juri memutuskan juara  1 Kategori Subtema Umum adalah Sulaeman dan Husnul Mirzal.

Riset yang disodorkan  tentang Determinasi Pembiayaan Bagi Hasil pada Perbankan Syariah di Indonesia: Implikasi Kebijakan Pasca COVID-19.

Juara 2 diraih  Aznovri Kurniawan (Perbankan Syariah Pasca Pandemi COVID-19: Apakah masih Memiliki Ketahanan yang Lebih Baik terhadap Krisis?)

BERITA LAIN: JNE Gelar Donor Darah, Disediakan Bingkisan, Sembako dan Snack bagi Peserta

Juara 3 diberikan kepada Annisa Nur Salam dan Nur Andriyani (Peran Inklusi Keuangan dan Transaksi Digital dalam Memperkuat Stabilitas Sistem Keuangan di Indonesia).

Sedangkan pada Kategori Subtema Khusus, Juara 1 diraih Yogo Purwono (Desain Premi Penjaminan Polis Asuransi dan Pengambilan Risiko Perusahaan Asuransi: Suatu Analisis Berdasarkan Model Contingent Claim).

Juara 2, Arisyi Fariza Raz dan Christy Dwita Mariana (Dampak dan Risiko Digitalisasi Bank di Indonesia).

Juara 3, Siti Saadah, Teresia Angelia Kusumahadi dan  Fikri C Permana (Konglomerasi Perbankan dan Potensi Risiko Sistemik: Studi Kasus Pada Perusahaan Keuangan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia).

Dan berikut, nama-nama para Juara Favorit per wilayah.

BERITA LAIN: Temui Para Kiai, Cak Imin Nyatakan Anies Baswedan Bukan Orang Radikal

Wilayah Jawa-Bali

  • Supeni Anggraeni Mapuasari, Dara Aurora Prayogo, & Diana Christin (Apakah Penjaminan Polis Asuransi dapat Menaikkan Intensi Pembelian? Analisis Persepsi, Ekspektasi, dan Prediksi Perilaku Konsumen).
  • Anniza Citra Prajasari (Central Bank Digital Currency (CBDC): Analisis Multi-Grup dan Kesiapan Adopsi melalui Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Dimodifikasi).

Wilayah Sumatera

  • Nugraha Pukuh, Hayu Fadlun Widyasthika & Shinta Mahaputri Hakim (Transformasi Digital dan Lingkungan: Analisis Emisi Karbon pada Era Transaksi Digital di Indonesia).
  • Pertiwi Utami dan Tulus Suryanto (Merancang Solusi Credit Crunch di Indonesia: Belajar dari Krisis Keuangan Dunia).

Wilayah Kalimantan – Sulawesi

  • Aditya Idris (Pemodelan Laju Peningkatan Nilai Asuransi berdasarkan Skema Perbankan, PDRB dan Pekerja Sektor Mikro dan Kecil dengan Pendekatan Regresi Spline).
  • Mukaromah dan Khusnul Mar Iyah M (Quo Vadis Program Penjaminan Polis oleh Lembaga Penjamin Simpanan dalam Mewujudkan Stabilitas Sektor Keuangan dan Public Trust).

Wilayah Maluku – NTB – NTT – Papua

  • Muhammad Iryanto, Hijrasil dan Fathy Inat (Stabilitas Nilai Tukar Rupiah Suku Bunga dan Dinar (Emas) terhadap Inflasi di Indonesia).
  • Modesta Seran Bouk (Strategi Meningkatkan Literasi terhadap Program Penjaminan Simpanan oleh  LPS pada Masyarakat Desa Camplong II Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang  Nusa Tenggara Timur). (*)