Tutup
Hiburan

Warga Pakualaman Berdiri di Pinggir Jalan, Tonton Karnaval Ala RW 1 Jagalan

55
×

Warga Pakualaman Berdiri di Pinggir Jalan, Tonton Karnaval Ala RW 1 Jagalan

Sebarkan artikel ini
KARNAVAL: Yuni, wwner Ayam Goreng "Bonita" (komandan barisan) menyemarakkan acara 17-an. (istimewa)

JOGJA, ZonaJogja.Com – Warga Jagalan, Pakualaman dan sekitarnya baru saja disuguhi hiburan, Minggu (21/8/2022) kemarin, penduduk berdiri di pinggir jalan.

Mereka menyaksikan karnaval memperingati Kemerdekaan Indonesia ke-77. Acara ini digagas warga RW 1 Jagalan, Ledoksari, Kemantren Pakualaman.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

“Kami ingin memeriahkan kemerdekaan Indonesia meski dengan cara sederhana. Karena kami mencintai Indonesia. Tidak bisa melupakan perjuangan para pahlawan,” kata Agus, warga Jagalan.

Peserta melakukan persiapan sejak pukul 12.00. Bahkan, ada yang melakukan persiapan sejak pagi hari.

“Acara ini menyenangkan. Menghibur setelah tiga tahun libur karena pandemi virus corona,” kata Yuni, owner Ayam Goreng “Bonita”.

Pada karnaval ini, Yuni tidak hanya menjadi penonton. Ia juga menjadi komandan barisan.


BACA JUGA:


Karnaval kali ini diikuti 10 peserta. Mereka tampil dengan berbagai gaya dan motif. Peserta urutan nomor sembilan, misalnya.

Diikuti semua wanita. Mereka juga sudah berkeluarga. Tapi, pada karnaval tahun ini, mereka berdandan seperti pelajar sekolah menengah atas.

Mengenakan seragam putih abu-abu. Ada yang mengenakan jilbab. Ada pula yang rambut dikucir ala anak muda masa lalu. Dan, memakai kaca mata gelap.

Mereka juga menghias rambut dengan pita warna merah putih. Setelah adzan ashar berlalu, arak-arakan karnaval segera diberangkatkan.

Bendera dikibarkan pukul 15.30. Diawali peserta nomor satu hingga sepuluh. Arak-arakan karnaval melawati Jalan Jagalan – Jalan Jayeng Prawiran – Jalan Gadjah Mada, dan finish di Jalan Jagalan.

(nik)