Tutup
Kesehatan

Konsumsi Susu di Indonesia Masih Rendah

80
×

Konsumsi Susu di Indonesia Masih Rendah

Sebarkan artikel ini
HIDUP SEHAT: Sekitar 200 anak senang dan antusias mengikuti kegiatan minum susu di kampus Fakultas Peternakan UGM. (margiyono)

ZonaJogja.Com – Kualitas dan kuantitas produksi susu Indonesia saat ini masih kurang.

Tingkat konsumsi susu juga masih rendah dibandingkan negara-negara tetangga.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

“Saat ini kebutuhan susu di Indonesia  mencapai 4,3 juta ton per tahun. Sementara produk susu nasional belum sampai 1 juta ton per tahun,” ujar Nasrullah pada acara minum susu bersama siswa TK dan SD di Yogyakarta, hari ini (1/6/2024).

Artinya, pemenuhan kebutuhan susu nasional  sekitar 20 persen. Menutup kekurangan tersebut, masih impor sekitar 80 persen.

“Ini merupakan pekerjaan rumah bagi berbagai stakeholder untuk berkolaborasi menanggulangi kekurangan tersebut,” kata Nasrullah.

BERITA LAIN: Disambangi Wabup Danang Maharsa, Warga Sidoarum Menangis

Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof  Ir  Budi Guntoro SPt MSc PhD IPU ASEAN Eng mengatakan gerakan minum susu perlu terus digencarkan untuk menyiapkan generasi penerus  menuju Indonesia Emas 2045.

“Susu adalah sumber protein dari hewan yang sangat bermanfaat bagi peningkatan gizi anak. Mari kenalkan dan promosikan minum susu bagi anak-anak TK dan SD,” ajak Budi.

Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Peternakan Indonesia (FPPTPI) siap mendukung kebijakan pemerintah, terutama terkait hilirisasi riset industri peternakan.

Sementara itu, Fakultas Peternakan UGM dan Kementerian Pertanian  menggelar acara minum susu bersama siswa TK dan SD di Yogyakarta.

BERITA LAIN: Telkomsel Memang Baik, Ratusan Pelanggan Diajak Nonton Film Bioskop, Gratis !

Acara memperingati Hari Susu Nusantara dan Sedunia ini dihadiri Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Nasrullah.

Sekitar 200 anak  senang dan antusias mengikuti kegiatan minum susu di kampus Fakultas Peternakan UGM.

Selain minum susu, anak-anak  mengikuti lomba mewarnai, menggambar dan menyanyi.  (*)