Tutup
Nasional

Mampu Selesaikan Masalah Lingkungan, 6 Lurah di Kota Yogyakarta Terima Gelar “Juru Perdamaian”

81
×

Mampu Selesaikan Masalah Lingkungan, 6 Lurah di Kota Yogyakarta Terima Gelar “Juru Perdamaian”

Sebarkan artikel ini
PRESTASI: Kepala Pembinaan Hukum Nasional, Widodo Ekatjahjana menyerahkan penghargaan kepada 6 lurah di Kota Yogyakarta yang diwakili Ketua Tim Kerja Dokumentasi dan Informasi Hukum Bagian Hukum Pemkot Yogyakarta, Rahmat Setiabudi Sokonagoro. (istimewa)

ZonaJogja.Com – Enam Lurah di Kota Yogyakarta menerima penghargaan Paralegal Justice Award 2024.

Mendapatkan gelar non akademik  Non Litigation Peacemaker yang disingkat “NL.P”. Dalam bahasa Indonesia, disebut sebagai “Juru Perdamaian”.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Siapa saja? Yakni, Lurah Rejowinangun, Lurah Suryatmajan, Lurah Gunungketur, Lurah Notoprajan, dan Lurah Panembahan.

Mereka  menyisihkan 300 lurah yang masuk seleksi nasional, sekaligus menyisihkan 1000 lurah dari berbagai kota di Indonesia yang tercatat sebagai pendaftar.

BERITA LAIN: Konsumsi Susu di Indonesia Masih Rendah

Sementara Lurah Rejowinangun dan Lurah Warungboto  mendapatkan penghargaan Anubhawa Sasana Jagaddhita (ASJ).

Kedua lurah dinilai berhasil membina dan mengembangkan kelurahan sadar hukum, serta mendukung pengembangan investasi dan pariwisata.

Kepala Pembinaan Hukum Nasional, Widodo Ekatjahjana mengatakan pemberian penghargaan untuk meningkatkan kompetensi penyelesaian masalah melalui paralegal academy.

“Mereka telah memberi kontribusi signifikan menyediakan akses keadilan bagi masyarakat,” kata Widodo pada acara penyerahan anugerah di Hotel Bidakara, Jakarta (1/6/2024).

BERITA LAIN: Disambangi Wabup Danang Maharsa, Warga Sidoarum Menangis

Widodo mengatakan, lurah memegang peran sangat sentral dan strategis menciptakan stabilitas politik, keamanan dan ketertiban lingkungan.

Penghargaan melewati tiga tahapan. Pertama, tahap seleksi administrasi. Kedua, penyelenggaran pendidikan dan pelatihan. Ketiga,  tes kepatutan dan kelayakan.

Penyuluh Hukum Ahli Muda, sekaligus Ketua Tim Kerja Dokumentasi dan Informasi Hukum Bagian Hukum Pemkot Yogyakarta, Rahmat Setiabudi Sokonagoro berharap prestasi para lurah menjadi motivasi bagi yang lain.

“Semoga  menjadi motivasi bagi aparat sipil negara terus berinovasi dan berprestasi,” kata Rahmat. (*)