Tutup
Kronika

Taman Pintar jadi Zona Praktik Bahasa Indonesia

45
×

Taman Pintar jadi Zona Praktik Bahasa Indonesia

Sebarkan artikel ini
DOME AREA: Salah satu wahana edukasi. (tamanpintar.co.id)

YOGYAKARTA, ZonaJogja.Com –  Taman Pintar menjadi zona praktik penggunaan bahasa Indonesia.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya mengatakan ruang publik membutuhkan kampanye propaganda agar masyarakat memahami penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

“Pemkot Yogyakarta menunjuk Taman Pintar sebagai zona praktik  berbahasa Indonesia yang baik dan benar,” kata Aman pada acara Sosialisasi Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa di Ruang Pubbli yang digelar Balai Bahasa DIY di Hotel Horison Yogyakarta (11/8/2022).

Taman Pintar relevan menjadi zona praktik penggunaan bahasa Indonesia. Aman meminta UPT Taman Budaya Taman Pintar menyiapkan diri.

Aman menilai peran pemerintah sebagai regulator penting  menjadi daya dukung bagi pembinaan bahasa.

Strategi praktik  berbahasa juga harus dikuatkan. Strategi pembinaan bahasa itu basisnya pendidikan, sehingga lingkungan pendidikan sekolah wajib menggunakan bahasa Indonesia.


BACA JUGA:


Aman juga meminta  penulisan naskah di organisasi perangkat daerah harus baik dan benar. Pemkot Yogyakarta akan mengeluarkan surat edaran terkait pembinaan bahasa dan narahubung dari setiap organisasi perangkat daerah.

“Akan kami koleksi dan identifikasikan siapa narahubung dari berbagai OPD berkaitan pembinaan bahasa,” jelasnya.

Ratun Untoro dari Balai Bahasa DIY mengatakan akan mendampingi beberapa instansi, lembaga pemerintah maupun swasta untuk mengutamakan Bahasa Indonesia.

Zona praktik baik bahasa Indonesia terdapat contoh penggunaan bahasa yang bagus di ruang publik.

“Kami akan mendampingi Taman Pintar agar tidak hanya secara internal bagus. Tapi  mampu mengkampanyekan bahasa Indonesia yang bagus di ruang publik,” tandas Ratun.

(aza)