Tutup
Nasional

Mahasiswa Raih Medali Emas di Pimnas 2023, UAD Naik Kelas, jadi PTS Peringkat 1 Nasional

210
×

Mahasiswa Raih Medali Emas di Pimnas 2023, UAD Naik Kelas, jadi PTS Peringkat 1 Nasional

Sebarkan artikel ini
WE ARE UAD: Rektor UAD, Prof Dr Muchlas MT bersama dosen dan mahasiswa berprestasi di Pimnas 2023. (azam/zonajogja.com)

ZonaJogja.Com – Tim Songgolangit Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berjaya pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-36.

Ajang bergengsi yang diselenggarakan di Universitas Pajajaran, Bandung, 27–30 November 2023.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Tim Songgolangit beranggotakan Aulia Syafadilla Azali (ketua), Intan Faya Nurazizah (anggota), Diah Kartika Wardani (anggota), dan Annissa’ Nurrohiim (anggota).

Mereka didampingi Dosen Pembimbing, Haris Seriawan SPd MSc.

Tim Songgolangit mempresentasikan hasil penelitian berjudul  Studi In Vivo Potensi Flavonoid Ekstrak Songgolangit (Tridaxprocumbens L) sebagai Bentuk Protektif Radikal Bebas pada Saluran Pernapasan Perokok Aktif.

BERITA LAIN:

TIM SONGGOLANGIT: Tim Songgolangit beranggotakan Aulia Syafadilla Azali (ketua), Intan Faya Nurazizah (anggota), Diah Kartika Wardani (anggota), dan Annissa’ Nurrohiim (anggota).
Mereka didampingi Dosen Pembimbing, Haris Seriawan SPd MSc.

Hasilnya, Tim Songgolangit membawa pulang medali emas. Sekaligus memposisikan UAD sebagai perguruan tinggi swasta peringkat pertama nasional dalam Pimnas 2023.

“Alhamdulillah. Selamat untuk prestasinya yang menggembirakan,” kata Rektor UAD, Prof  Dr Muchlas MT pada Jumpa Pers Ruang Kaca Sayap Barat Lantai 10 Kampus 4, hari ini (5/12/2023).

Acara ini juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr  Gatot Sugiharto SH MH; Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Dr Choirul Fajri SIKom MA; Kabid Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa, Danang Sukantar MPd; dan Pembina PKM Center, Dr rer nat  Apt Endang Darmawan S Si MSi.

Rektor Muchlas mengatakan, UAD akan menyiapkan rewards bagi empat mahasiswa  berprestasi di Pimnas 2023.

BERITA LAIN:

Hanya, wujudnya masih dirahasiakan. Rencananya, hadiah akan diberikan saat acara peringatan milad UAD.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr  Gatot Sugiharto SH MH mengatakan, UAD mengirimkan 150 proposal dengan berbagai skema.

Setelah diseleksi, 44 kelompok riset didanai Kemendikbudristek. Pada babak akhir, menyisakan 4 tim yang berlaga di Pimnas.

Hasilnya, Tim Songgolangit yang merupakan Tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) membawa pulang medali emas.

BERITA LAIN:

RANKING UAD: Mengulang kembali prestasi UAD yang pernah meraih peringkat pertama PTS pada Pimnas tahun 2005, 2012, dan 2021

Tim Songgolangit memulai riset pada Juni 2023. Penelitian menggunakan 33 ekor tikus wistar yang dipaparkan asap rokok, lalu diberikan ekstrak tanaman songgolangit.

Darah tikus diambil. Kemudian tim melakukan cek organ paru-paru dan trakea.

“Karena asap rokok biasanya mengenai paru-paru dan trakea,” kata Ketua Tim, Aulia Syafadilla Azali memberi alasan.

Riset Tim Songgolangit pun menyabet medali emas.  Hasil kali ini sekaligus mengulang kembali prestasi UAD yang pernah meraih peringkat pertama PTS pada Pimnas tahun 2005, 2012, dan 2021. (*)