Tutup
Sport

Pelatih Dilatih, Targetnya jadi Juara Umum Porda DIY 2022

45
×

Pelatih Dilatih, Targetnya jadi Juara Umum Porda DIY 2022

Sebarkan artikel ini
AJI KARNANTO: Pelatihan difokuskan pada materi penguatan kemampuan seorang atlet dan materi pelaksanaan tes fisik. (humas koni yogyakarta)

YOGYAKARTA, ZonaJogja.Com –  Ketua Umum KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM berharap semakin banyak atlet menjadi juara pada ajang Porda DIY 2022.

“Harapannya, capaian ini bisa mendukung cita-cita KONI Yogyakarta menjadi juara umum,” kata Aji saat membuka pelatihan peningkatan kapasitas SDM pelatih di Kantor Dindikpora Kota Yogyakarta (3/6/2022).

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Acara ini dihadiri pelatih-pelatih dari cabang olahraga  yang akan tampil pada ajang Porda DIY, 1-9 September 2022.

Pelatihan peningkatan SDM merupakan bagian program Bidang Litbang.  Kata Aji, pelatihan difokuskan pada materi penguatan kemampuan seorang atlet dan materi pelaksanaan tes fisik.

Materi tersebut sangat penting untuk melihat perkembangan hasil latihan  semua cabor yang telah menjalani program pemusatan latihan.

“Semoga pelatihan ini berdampak positif terhadap keinginan  KONI Kota Yogyakarta menjadi juara umum pada Porda 2022,” ujarnya.


BACA JUGA:


Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Kota Yogyakarta, Cukup Pahalawidi MOr mengungkapkan, banyak cabor yang ikut program Pemusatan Latihan Cabang Olahraga.

“Ini memerlukan pendekatan berbeda-beda dalam pola latihan,” katanya.

Setiap pelatih harus bisa mengolah dengan baik. Cukup meminta  semua pelatih melakukan tes fisik kepada para atlet.

Meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, kelentukan, power dengan standingboard jump, kekuatan otot tungkai dengan wall sit, kecepatan lari  40 meter, kekuatan perut dengan sit up 60 detik, power lengan dengan push up 60 detik dan vo2Max.

Cukup juga menjelaskan empat unsur penting bagi atlet agar bisa meraih prestasi.

Yakni, fisik, teknik, taktik, dan mental.

(aza/asa)