oleh

Buka Layanan Gratis, Tim Ambulans Kauman Siap Bantu Siapa Saja

YOGYAKARTA – Keinginan agar pandemi virus corona segera selesai mengundang kepedulian masyarakat.

Salah satunya yang digagas kampung Kauman Yogyakarta. Bekerjasama dengan Lazismu, lembaga swadaya yang bergerak dalam pelayanan masyarakat ini membuka donasi.

Uang yang dikumpulkan dari masyarakat dibelikan kendaraan ambulans.

“Alhamdulillah. Saya ikut senang dengan tersedianya kendaraan ambulans di Lazismu Kauman,” kata Anggota DPD RI Dapil DIY, Drs HM Afnan Hadikusumo.

BACA JUGA: Penyandang Disabilitas jadi Sasaran Berikutnya, Disiapkan Vaksin Sinopharm

Kendaraan ambulans bernomor polisi AB 9036 BA ini sudah digunakan sejak satu bulan lalu. Digunakan untuk penjemputan dan mengantar pasien.

Juga membawa jenazah ke pemakaman.

“Seingat saya, ambulans ini telah membawa 50 pasien. Juga melakukan perjalanan di berbagai daerah di Yogyakarta dan luar DIY,” terang Budi Setiawan, sesepuh kampung Kauman.

Nah, pagi tadi (15/8/2021) dilangsungkan launching Tim Ambulans Kauman. Acaranya digelar di depan rumah Mohammad Syafril Nusyirwan.

Sebagian rumah Syafril dijadikan posko Tim Ambulans Kauman.  Mobil ambulans ini semakin melengkapi atensi kampung Kauman terhadap upaya menyehatkan masyarakat.

BACA JUGA: KONI Kota Yogyakarta Bantu Vaksinasi Pegiat Olahraga

Tim ini disupport puluhan relawan yang siap bertugas tanpa mengenal waktu. Layanan ambulans bergerak lintas agama, lintas suku, dan lintas ras.

“Bahkan beda hobi juga tidak masalah. Berprinsip menebar kebaikan bagi sesame,” kata Budi.

Saat ini, layanan ambulan tidak dipungut biaya. Namun jika ada dermawan yang ingin bershadaqah, bisa menghubungi pengelola.

“Di tengah masyarakat yang serba hedonis, masih ada yang mau meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu orang lain. Selamat bertugas Tim Ambulans Kauman,” kata Afnan. (nik/asa)