oleh

Bermitra dengan Prodi Agroteknologi, IKAGRO Kembangkan Sektor Pertanian

BANTUL, ZonaJogja.Com – Ada wadah baru bagi lulusan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Namanya Ikatan Keluarga Alumni Agroteknologi (IKAGRO).

Peresmian sekaligus pelantikan pengurus IKAGRO dilaksanakan di Gedung Fakultas Agroindustri kampus 1 UMBY, 10 November 2021.

Acara pelantikan yang dihadiri 25 peserta menerapkan protokol kesehatan. Selain  tatap muka, pelantikan juga dilakukan secara live streaming dengan aplikasi zoom yang dihadiri  pengurus di seluruh Indonesia.

IKAGRO berdiri di seluruh wilayah di Indonesia. Setiap daerah dipimpin koordinator wilayah.

BACA JUGA: Pemerintah Berencana Restrukturisasi Utang Garuda Indonesia, Ini Reaksi Asosiasi Kurator

Dipandu Paoyan SP, pelantikan diawali pengucapan janji yang dipimpin Ketua Program Studi Agroteknologi UMBY, Dr Ir Bambang Nugroho. Selanjutnya pembacaan berita acara pelantikan pengurus dilakukan Ketua IKAGRO UMBY periode 2021-2024, Ir Ridersius Bangun.

Dilanjutkan penyerahan SK pembentukan IKAGRO UMBY dari Pelaksana Tugas Dekan Fakultas Agroindustri, Ir Warmanti Mildaryani MP kepada Bangun.

Bangun berharap IKAGRO UMBY dapat bersinergi dengan Program Studi Agroteknologi untuk  memajukan Indonesia dalam dunia pertanian dan pendidikan.

“Kami ingin menjadi patner bagi Program Studi Agroteknologi UMBY dalam mengembangkan bidang pertanian,” kata Bangun.

Ketua Program Studi Agroteknologi UMBY, Dr Ir Bambang Nugroho MP  mengaku bangga kepada para alumni yang berkontribusi kepada almamater.

BACA JUGA: Polis Terus Meningkat, Allianz Perkuat Literasi Asuransi

Kepala Humas UMBY, Widarta SE MM  menambahkan, Prodi Agroteknologi bervisi menjadi program studi unggul di tingkat nasional tahun 2025 yang berbasis sistem pertanian berkelanjutan.

“Berorientasi kewirausahaan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” kata Widarta.

Sedangkan misinya menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang agroteknologi yang berkualitas, kompetitif, dan inovatif berbasis sistem pertanian berkelanjutan, berorientasi kewirausahaan.

Meningkatkan budaya meneliti dan kualitas penelitian dalam bidang agroteknologi. Juga meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian.

Lulusan Prodi Agroteknologi UMBY diarahkan menjadi manajer dalam usaha pengembangan pertanian.

Termasuk sebagai  perencana,  penyelenggara, penggerak, dan  pengendali kegiatan pertanian di berbagai kota di Indonesia.

Menjadi pelaku bisnis pertanian, peneliti pendidik, konsultan dan birokrat.

 

(*/asa)