Tutup
Nasional

Gara-Gara Melakukan Ini, Mahasiswa KKN UMBY Dipuji Penduduk

83
×

Gara-Gara Melakukan Ini, Mahasiswa KKN UMBY Dipuji Penduduk

Sebarkan artikel ini
BERSIH BERSIH KANDANG: Bikin hewan ternak tidak stres. (istimewa)

MAGELANG, ZonaJogja.Com – Gigih dan semangat. Itulah yang diperlihatkan Kelompok  20 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) saat melakukan penagabdian kepada masyarakat Dusun Mranggen, Desa Bandarsedayu, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Selama KKN, mahasiswa dari berbagai fakultas ini total mengabdikan pikiran dan tenaga untuk kepentingan masyarakat, Salah satu aksi yang baru saja  dilakukan adalah membersihkan kandang ternak.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Kegiatan tersebut bertujuan memberi edukasi kepada para peternak.

“Kandang yang bersih  akan membuat hewan ternak merasa nyaman. Tidak mudah stres, dan sehat,” kata Koordinator  Program Kerja, Al Jihad Ali dalam siaran pers yang disampaikan ZonaJogja.Com, sore tadi.

Tentu saja, aksi Kelompok 20 KKN UMBY disambut baik oleh penduduk setempat. Fajar, misalnya.

Fajar yang telah beternak sejak 2 tahun ini mengaku membersihkan kandang ternak kambing dua kali dalam setahun.

“Pembersihan kandang biasanya saya lakukan setiap 6 bulan sekali dalam setahun,” ujarnya.

KKN: Kelompok 20 Mahasiswa KKN UMBY. (istimewa)

Ia mengakui, kandang yang berada di tengah pemukiman itu kadang menebar bau tak sedap di kampung. Pasalnya, kotoran ternak tertimbun selama 6 bulan.

Pada kegiatan ini, mahasiswa melakukan penyemprotan kandang dengan menggunakan EM4 (efektivitas mikroorganisme 4) dan cairan rodalon.

Penyemprotan kandang kambing  menggunakan EM4. Cairan ini  mengandung bakteri menguntungkan. Sedangkan rodalon merupakan antiseptik desinfektan yang sangat ampuh membersihkan kandang ternak.

Selain membuat kambing nyaman dan tidak stres, penyemprotan kandang juga untuk meningkatkan produktivitas dan kesehatan kambing.

Pembersihan kandang juga berdampak pada kesehatan kambing. Melindungi kambing dari sinar matahari yang berlebihan, angin, dan hujan.

Al Jihad Ali berharap output program kerja membuat peternak dapat melakukan pembersihan kandang   setiap 3 bulan sekali.

(naz/asa)