Tutup
Kronika

Dipilih Aklamasi, Agung dan Rendy Pimpin AMSI DIY 2024-2028

77
×

Dipilih Aklamasi, Agung dan Rendy Pimpin AMSI DIY 2024-2028

Sebarkan artikel ini
DUET ANAK MUDA: Agung Purwandono (Mojok.co) dan Rendy Adrikni Sadikin (Suarajogja.id) terpilih sebagai ketua dan sekretaris AMSI DIY periode 2024 -2028. (azam/zonajogja.com)

ZonaJogja.Com – Media siber yang tergabung dalam media siber Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)  bisa menjadi mitra profesional untuk mengelola krisis di instansi atau perusahaan.

“Krisis komunikasi yang dialami instansi atau perusahaan bisa diatasi jika mampu membangun hubungan yang baik dengan media siber terpercaya,” kata Anggota Badan Pertimbangan Pengawas Organisasi (AMSI), Dwi Eko Lokononto atau Cak Luki pada Konferwil III AMSI DIY di Hotel Royal Darmo Malioboro (28/5/2024).

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Kata Cak Luki yang juga CEO Beritajatim.com, media siber terpercaya yang dimaksud adalah media yang mempunyai standar kerja jurnalistik yang baik.

Banyak perusahaan yang panik ketika mengalami krisis. Mereka biasanya bingung harus menghubungi media resmi atau mainstream.

BERITA LAIN: OJK Cabut Izin BPR Jepara Artha, LPS: Tenang, Uang Nasabah Aman !

“Salah penanganan bisa berakibat fatal pada reputasi brand, instansi atau sebuah lembaga,” kata Cak Luki mengingatkan.

Juga banyak perusahaan yang mengalami keraguan ketika menyikapi  krisis.

Keterlambatan respons membuat persoalan yang semula terlihat biasa-biasa saja, justru membesar di media sosial dan media mainstream.

“Keragu-raguan itu bisa diatasi dengan berkomunikasi dari hati ke hati kepada media yang bisa diajak bicara,” ujar Cak Luki.

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia (UII), Prof Dr Masduki mengatakan, era disrupsi media membuat konten menjadi sangat penting.

BERITA LAIN: Sedapnya Menu Cakalang Ambyar di nDalem Nampan, Rasanya Susah Dilupakan

Namun, konten saja tidak cukup. Masyarakat membutuhkan komunitas media yang membangun kepercayaan dan memiliki etik dalam setiap konten.

“Terlepas jenis medianya, mereka harus bisa menjaga tradisi jurnalistik yang baik,” kata Masduki.

Masduki berpendapat AMSI  menjadi satu-satunya asosiasi media di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, yang memiliki ukuran tersendiri melalui keberadaan trustworthy news indicators.

Guru besar yang akrab disapa Ading ini menyarankan AMSI DIY membuat program tingkatkan kapasitas manajemen dan bisnis anggota.

BERITA LAIN: Bakti Olahraga Djarum Foundation Gelar MilkLife Soccer League, Laskar Jepara Putri Puncaki Klasemen Sementara

Pada konferwil ke-3, Agung Purwandono (Mojok.co) dan Rendy Adrikni Sadikin (Suarajogja.id) terpilih sebagai ketua dan sekretaris AMSI DIY periode 2024 -2028.

Dewan Pertimbangan dan Pengawas AMSI DIY  diisi Anton Prihantoro (HarianJogja.com), Ribut Raharjo (TribunJogja.Com) dan Titis Widyatmoko (Brilio.net).

Sedangkan Majelis Kehormatan terdiri  Prof Masduki (Akademisi), Octo Lampito (KRjogja.com), dan Heri Purwata (Jognews).

Acara konferwil didukung Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank BPD DIY. (*)