Tutup
Kesehatan

Lansia Sering Kena Penyakit? Ini Penjelasan Dokter Probosuseno

242
×

Lansia Sering Kena Penyakit? Ini Penjelasan Dokter Probosuseno

Sebarkan artikel ini
DOKTER PROBOSUSENO: Beri tips sehat bagi lansia. (dok. pribadi)

SLEMAN, ZonaJogja.Com – Orang paling beruntung adalah berumur panjang dan banyak kebajikan. Orang paling baik adalah  paling bermanfaat bagi orang lain.

“Bekalnya adalah memperkuat 4 dimensi,” kata Kepala Klinik Geriatri RSUP Dr Sardjito Yogyakarta,  Dr dr Probosuseno SpPD K-Ger FINASIM SE MM pada peringatan ulang tahun Ikapen ke-XII di Auditorium UNY, 15 Juni lalu.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Seperti dilansir uny.ac.id, Ikapen merupakan forum silaturahmi dosen dan tenaga kependidikan UNY yang telah purna tugas.

Probosuseno mengatakan, empat dimensi itu meliputi bio, psiko, sosial dan kultural. Dokter yang humoris ini mengatakan bila lansia sering terkena penyakit, ada penyebabnya.

Yakni pikiran, metabolik, autoimun, infeksi atau trauma.


BACA JUGA:


Juga bisa karena  bawaan atau penyakit degenerative. Kata Probosuseno, semula banyak lansia tidak menyadari penyakit yang sedang diderita.

Banyak penyakit kronis dan degenerative meningkat. Dan, beban berat bila opname berkali-kali. Alternatifnya adalah homecare, dengan pencegahan dan deteksi dini.

Agar lansia tetap sehat, lansia harus rajin olahraga, dan menghindari stres.  Tidur cukup, aktif beraktivitas sosial, melakukan hobi, dan makan minum yang halal.

(aza/asa)