Tutup
Kronika

Menyedihkan, Beginilah Kondisi Rumah Seorang Pahlawan Nasional

141
×

Menyedihkan, Beginilah Kondisi Rumah Seorang Pahlawan Nasional

Sebarkan artikel ini
KONDISI TERKINI: Budayawan Natsir Dabey foto dengan latar belakang rumah yang tak terawat. (natsir dabey)

YOGYAKARTA, ZonaJogja.Com – Ada bangunan di Kotagede yang bernilai sejarah. Bangunan itu berupa rumah dan sebidang lahan yang  kondisinya tak terawat.

Adalah pegiat sosial media di facebook dengan akun Natsir Dabey yang memotret kondisi terkini bangunan bersejarah itu.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Ia memposting 13 foto di beranda. Tahukah, rumah dan bangunan yang berada di kampung Buharen, Purbayan, Kotagede itu pernah menjadi tempat tinggal Prof KH Abdul Kahar Mudzakir.

Abdul Kahar Mudzakir adalah pendiri Universitas Islam Indonesia. Pernah menjadi  anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

“Tempat ini milik Badan Wakaf UII. Sayang bangunan rumah ini saat ini tampak tidak terawat,” kata Natsir dalam statusnya yang diposting  5 Juli 2022.

“Entah ke depan tempat ini mau dibangun menjadi apa, kita tunggu saja kabarnya,” lanjutnya.


BACA JUGA:


TAK TERAWAT: Kondisi rumah yang pernah ditempati Abdul Kahar Mudzakir. (natsir dabey)

Seperti diketahui, Abdul Kahar Mudzakir lahir di Gading, Playen, Gunungkidul, 16 April  1907. Ayahnya bernama Haji Mudzakir. Dikenal sebagai pedagang  di Kotagede.

Pernah mengenyam pendidikan di SD Muhammadiyah Selokraman Kotagede hinggga  kelas dua.  Pindah di Pondok Pesantren Jamsaren Solo, Jawa Tengah.  Lalu, melanjutkan sekolah di Pesantren Tremas, Jawa Timur.

Pernah mengajar di Madrasah  Mu’allimin Muhammadiyah  Yogyakarta. Abdul Kahar Mudzakir merupakan rektor pertama Universitas Islam Indonesia (sebelumnya bernama STI) sejak tahun 1948.

Abdul Kahar Mudzakir menjadi rektor UII sejak 1948 hingga 1960.  Meninggal dunia tanggal  2 Desember 1973 saat usia 65 tahun.

(aza/asa)