Tutup
Wisata

Danais Support Event Geopark Night Specta Vol 6.0 di Nglanggeran, Diselenggarakan Dispar Gunungkidul, Targetnya Dikunjungi 5 Ribu Orang

121
×

Danais Support Event Geopark Night Specta Vol 6.0 di Nglanggeran, Diselenggarakan Dispar Gunungkidul, Targetnya Dikunjungi 5 Ribu Orang

Sebarkan artikel ini
NGLANGERAN: Tempat cantik ini dipilih sebagai penyelenggaraan Geopark Night Specta Vol 6.0 tanggal 28-29 Juni 2024. (jogjaprov.go.id)

ZonaJogja.Com – Geopark Night Specta. Inilah event tahunan di Kabupaten Gunungkidul yang selalu memikat wisatawan.

Tahun ini adalah penyelenggaraan ke enam sejak kali pertama dikenalkan Dinas Pariwisata Gunung Kidul tahun 2016.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Geopark Night Specta Vol 6.0 kali ini mengusung tema Nglanggeran In Harmony.

Dilaksanakan selama dua hari, tanggal 28 hingga 29 Juni 2024. Lokasinya di Amphitehater Nglanggeran, Kapanewon Patuk, Gunungkidul.

Seperti penyelenggaraan sebelumnya. Event Geopark Night Specta Vol 6.0 tahun ini disupport Dana Keistimewaan (Danais) DIY.

BERITA LAIN: Bapak dan Ibu, Berikut Informasi Kuota PPDB SMP per Jalur di Kota Yogyakarta

ACARA TAHUNAN: Penyelenggaraan Geopark Night Specta Vol 6.0 tahun ini mengusung tema “Nglanggeran In Harmony”.

Geopark Night Specta Vol 6.0 tahun ini masuk kalender Kharisma Event Nusantara 2024,  acara nasional  dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Event kali ini diprediksikan bakal dikunjungi 5 ribu – 6 ribu orang.

“Pada penyelenggaraan tahun ini disupport  Danais sebesar Rp 600 juta,” kata Paniradya Pati Kaistimewan DIY, Aris Eko Nugroho SP MSi kepada ZonaJogja.Com, hari ini (12/6/2024).

Aris berharap, dukungan dari Danais bisa memberi efek positif bagi pengembangan wisata Gunung Sewu UNESCO Global Geopark Geoarea di Gunungkidul.

“Tentu saja, ramainya wisatawan juga memberi dampak terhadap peningkatan pendapatan warga setempat,” ujar Aris.

BERITA LAIN: Jangan Lupa, Pengajuan Akun dan Aktivasi PIN/Token Dilayani 13-21 Juni

ARIS EKO NUGROHO: Paniradya Pati Kaistimewan DIY (facebook/aris eko nugroho)

Sekadar diketahui, Kabupaten Gunungkidul merupakan bagian dari Gunung Sewu UNESCO Global  Geopark yang memiliki 11 situs geologi dan 2 situs non geologi.

Geopark atau taman geologi kawasan  yang memiliki sejarah dan konsep pengembangan wisata alam berbasis potensi  sumberdaya keanekaragaman bumi yang disinergikan dengan aspek  hayati dan budaya masyarakat.

Geopark Night Specta Vol 6.0 merupakan event yang dirancang untuk menghargai kebumian dan mengenalkan potensi hasil kebumian di Gunung Sewu UNESCO Global Geopark Geoarea  Gunungkidul.

Event ini menampilkan musik modern dan tradisional. Menghadirkan penyanyi kondang Denny Cak Nan, Okky Kumala dan NgatmoMbilung.

BERITA LAIN: Miris, Belum Ada Calon Walikota Miliki Konsep Majukan Pariwisata Kota Yogyakarta

JADWAL ACARA: Dilaksanakan selama dua hari, tanggal 28 hingga 29 Juni 2024. Lokasinya di Amphitehater Nglanggeran, Kapanewon Patuk, Gunungkidul.

Penampilan mereka akan diiringi Orkestra Gamelan. Selain itu, pengunjung bakal disuguhi Rampak Kendang feat Campursari, dan Reog Manggala Mataram.

Event tahunan yang selalu dipadati pengunjung ini juga diselenggarakan Lomba poster tingkat SMP dan SMA se-DIY.

Lomba ini dilaksanakan  sebagai kegiatan pra-event Geopark Night  Specta Vol 6.0.

Juga diselenggarakan pameran produk Gunungsewu Unesco Global Geopark dan Bazar UMKM Ekonomi Kreatif.

Pada hari kedua, dilaksanakan Ngobar (Ngobrol Bareng) Geopark.

Acara ini untuk mengedukasi masyarakat, pelajar, dan pemangku kepentingan tentang pentingnya pelestarian dan pengelolaan warisan geologi sebagai sumber daya alam yang berharga. (*)