oleh

Atlet dan Pelatih Berprestasi dari DIY Terima Bonus Rp 15,8 Miliar

YOGYAKARTA, ZonaJogja.Com –  Pemda DIY menggelontorkan anggaran sebesar Rp 15,8 miliar bagi atlet dan pelatih berprestasi pada PON XX dan Peparnas XVI di Papua tahun 2021.

Dana tersebut merupakan bonus kepada 132 atlet dan pelatih. Gubernur DIY, Sultan HB X memberi apresiasi kepada warga DIY yang telah mengharumkan nama daerah dengan prestasi.

“Menang menjadi tujuan bagi para atlet yang bertanding. Namun bukan berarti harus terpuruk ketika kalah,” kata Sultan di Kepatihan, hari ini (13/12/2021).

Sultan meminta para atlet tidak berpuas diri. Wajib meningkatkan motivasi, menetapkan goal setting yang berujung peningkatan prestasi.

“Jangan ada bayangan pesimis. Hilangkan itu dari jiwa atlet,” lanjut  Sultan.

BACA JUGA: Hidup Mengajarkan tentang Makna Bersyukur di Pagi Hari

Pada acara ini, sebanyak 50 atlet menerima  penghargaan di Bangsal Kepatihan. Sedangkan 72 orang mengikuti secara virtual di GOR Amongrogo.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DIY, Didik Wardaya mengatakan, DIY pada PON 2021 memperoleh 28  emas, 12 perak dan 18 perunggu.

DIY berada di peringkat 15. Sedangkan pada Peparnas XVI DIY membawa pulang 22 emas, 20 perak dan 32 perunggu. DIY berada di ranking 8.

“Pemda DIY memberi uang pembinaan sesuai prestasi yang ditorehkan  masing-masing atlet dan pelatih,” kata Didik.

Dana pembinaan bersumber dari APBD tahun 2021 pada pos  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.  Nilainya sebesar Rp 15,8 miliar.

(*/asa)