Tutup
Kronika

Hindari Survei Hewan Ternak, Jangan Cuci Daging dan Jeroan di Sungai

53
×

Hindari Survei Hewan Ternak, Jangan Cuci Daging dan Jeroan di Sungai

Sebarkan artikel ini
SEHAT DAN HALAL: Pedagang memasarkan hewan ternak melalui sosmed. (dani/zonajogja.com)

SLEMAN, ZonaJogja.Com – Masyarakat harus  hati-hati  membeli hewan ternak, meski PMK  tidak menulari manusia.

“Pastikan hewan ternak yang memang sehat dan memenuhi syarat,” kata Direktur Pusat Kajian Halal Fakultas Peternakan UGM, Ir Nanung Danar Dono SPt MP PhD IPM ASEAN Eng seperti dikutip ugm.ac.id (14/6/2022).

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Lantas, bagaimana tips memilih hewan ternak untuk kurban? Sebaiknya membeli hewan kurban di tempat pedagang besar.

Mereka sangat menjaga kesehatan ternak-ternaknya agar tidak sampai tertular penyakit.

Selanjutnya, membeli hewan kurban  kepada pedagang yang mau memberi garansi. Sebab jika ternak yang dibeli menunjukkan gejala sakit,  hewan ternak bisa diganti yang sehat.


BACA JUGA:


Tips berikutnya, membeli hewan kurban mendekati pelaksanaan penyembelihan kurban. Ini meminimalisir risiko hewan kurban tertular penyakit.

Jangan lupa memastikan kondisi ternak. Tidak hanya dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan hewan, melainkan memastikan hewan tidak bergejala PMK.

“Hindari survei ternak dengan melakukan kunjungan dari kandang ke kandang, karena berpotensi memperluas penularan PMK,” kata Nanung mengingatkan.

Penularan PMK  terjadi melalui kontak langsung dengan ternak, kandang bersama, lalu lintas hewan tertular, kendaraan angkutan, udara, air, pakan, minum, dan feses ternak terjangkit.

Nanung mengingatkan masyarakat tidak mencuci daging maupun jeroan di sungai, karena bisa mencemari lingkungan. Juga  berpotensi menularkan penyakit ke hewan yang sehat.

(aza/asa)