Tutup
Kronika

BKKBN Tunjuk YLHI Bantu Turunkan Angka Stunting di DIY

61
×

BKKBN Tunjuk YLHI Bantu Turunkan Angka Stunting di DIY

Sebarkan artikel ini
SINERGI: Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Wilayah DIY, Bank BRI dan YLHI.. (istimewa)

GUNUNGKIDUL, ZonaJogja.Com – Angka stunting di DIY mencapai 17,3 persen (17 kasus setiap 100 kelahiran bayi, red). Pada tahun 2024, Yayasan Langkah Hati Indonesia (YLHI) menargetkan turun menjadi 14 persen.

“Kami akan mendukung penuh  menurunkan angka stunting di DIY,“ kata Ketua YLHI Agra Aghasa setelah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Wilayah DIY dan Bank BRI, 27 Juni lalu.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Penandatanganan MoU dilakukan di Dusun Ngalang Ombo, Desa Dadapayu Kecamatan Semanu Gunung Kidul DIY bertepatan Peringatan Hari Keluarga Berencana Nasional.

BKKBN DIY menunjuk YLHI sebagai pelaksana teknis program percepatan pengurangan angka stunting melalui Gerakan Orang Tua Asuh Peduli Stunting (OrtuPenting).

Program OrtuPenting merupakan upaya YLHI mendukung kerjasama kemitraan pelaksanaan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana dalam menyiapkan Generasi Berkualitas (Bangga Kencana).


BACA JUGA:


YLHI menargetkan peningkatan kepedulian semua pihak mengenai pentingnya Bangga Kencana. OrtuPenting untuk mensinergikan sumber daya berdasarkan asas saling membantu dan saling mendukung.

YLHI juga akan membangun infrastruktur aplikasi donasi digital. Ini adalah aplikasi penggalangan donasi sebagai orang tua asuh untuk membantu percepatan penurunan stunting di DIY.

Pengembangan aplikasi OrtuPenting membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Termasuk uji coba dan integrasi sistem dengan Aplication Programming Interface (API) milik Bank Rakyat Indonesia.

YLHI juga membuka kerja sama dengan beberapa lembaga sosial dan kemanusiaan untuk mensosialisasikan OrtuPenting di media cetak, media digital dan elektronik. Y

“Kami membuka bekerjasama dengan semua pihak terkait melakukan penggalangan donasi yang dikemas dalam program kegiatan sosial dan gerakan kemanusiaan.

(aza/asa)