Tutup
Opini

Selalu Ada Peluang

251
×

Selalu Ada Peluang

Sebarkan artikel ini

TAHUKAH anda bahwa tiga tahun lalu saja Indonesia sudah memiliki 65,5 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dengan jumlah usaha mikro mencapai 64,6 juta.

Dengan jumlah UMKM sebanyak itu, apakah masih tersisa ruang untuk membuka bisnis baru anda? Jawabannya jelas: pasti dan selalu “always”.

Advertisiment
Scroll ke bawah untuk berita selengkapnya

Mari direnungkan: Memang dibutuhkan pengusaha hebat untuk membangun bisnis yang hebat, tetapi tidak dibutuhkan bisnis yang hebat untuk menjadi pengusaha yang hebat.

Anda mungkin belum masuk kategori pengusaha hebat, karena volume penjualan masih rendah, nama merek belum populer, tenaga pekerja sangat sedikit, modal masih kembang kempis.

Jika anda terpaku pada kondisi ini, maka selamanya bisnis anda akan tumbuh di jejeran papan paling bawah.

Saya menemukan banyak sahabat UMKM yang mengumpulkan sumber daya, sumber ide, sumber kompetensi yang brilliant berbulan-bulan sebelum launching bisnis barunya.

Sebutlah namanya Mas Eko Wijiono. Gebrakan awalnya adalah membuka usaha kuliner dengan nama brand “Raja Tengkleng”. Mas Eko sempat meminta saran saya untuk pilihan logo mereknya. Keunikan tengkleng Mas Eko ada pada menu andalan kepala kambing.


BACA JUGA:


Pada tanggal 1 Muharram lalu, ia melaunching “Raja Tengkleng”. Dan “buum!” Minggu minggu awal sudah dipenuhi ledakan-ledakan kecil yang membuat banyak mulut berdecak kagum.

Rekor awal kemarin siang adalah penjualan ludes total sebelum zuhur, dengan 50 kepala kambing dan ‘balungan’ 30 kg.

Secara sederhana, dari praktek bisnis yang dijalankan Mas Eko ini, kita melihat kepiawaian memainkan emosi pelanggan.

Memang, sebagai pelatih ilmu komunikasi branding, saya menyarankan agar anda lebih banyak bermain di psikologi pelanggan. Kita akan banyak mengupas hal ini dalam pertemuan-pertemuan selanjutnya.

Namun kali ini saya akan tegaskan bahwa fokuslah pada usaha atau bisnis yang memikat hati, lidah, mata, rasa konsumen dengan pengalaman yang ‘tiada duanya’. Dalam ilmu brandcom, ini disebut sebagai ‘brand experience.’

Percayalah, selama anda konsisten bergerak di wilayah ‘brand experience’ ini maka selama itu pula peluang anda untuk membesarkan bisnis anda selalu terbuka lebar. (*)

*) Konsultasi usaha dapat menghubungi CP di nomor WA +62 812 2651 6218